Isyarat Tubuh Saat Kekurangan Vitamin dan Mineral

0
1036

Tubuh kita mempunyai alarm tersendiri. Jika ada yang tidak beres, normalnya tubuh akan bereaksi. Termasuk juga ketika kekurangan vitamin dan mineral, tubuh memberikan isyarat berupa keluhan-keluhan fisik. Ada baiknya kita dapat mengetahui dan mengenali isyarat-isyarat tersebut, sehingga penanganannyapun bisa lebih tepat. Apa saja dan bagaimana isyarat tubuh saat kekurangan vitamin dan mineral? Berikut ulasannya.


 

1. Kelelahan

  • Mudah lelah dan lesu, lingkaran hitam di bawah mata, kurang nafsu makan, serta sulit berkonsentrasi merupakan isyarat bahwa tubuh Anda kekurangan zat besi. Daging Merah dan sayuran hijau adalah makanan dengan kadar zat besi tinggi. Anda juga mungkin butuh minum segelas jeruk setelah mengkonsumsi makanan-makanan tersebut, untuk membantu memperkudah penyerapan zat besi.


2. Gatal-gatal dan Luka Lambat Sembuh

  • Jika kulit Anda gatal-gatal, ada kemungkinan tubuh Anda kekurangan zinc. Luka yang sulit sembuh juga bisa disebabkan kekurangan zinc. Zinc membantu menyembuhkan luka dan membuang CO2 dari tubuh. Anda dapat memperoleh zinc dari biji-bijian, kacang-kacangan, serelia utuh, ikan laut, daging merah dan tiram. Waspadai makanan kemasan yang mengandung phytates, karena zat kimia ini menghambat proses penyerapan zinc.

3. Mata Merah atau Terasa Kering

  • Biasanya kita menganggap mata merah mengindikasikan kurang tidur, kelelahan, atau kemasukan debu. Namun, mata merah juga dapat berarti kekurangan vitamin A dan B2. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan mengkonsumsi daging, susu, serta buah dan sayuran yang berwarna hijau atau orange, disamping juga tetap mempertimbangkan penyebab lain.
  • Mata terasa kering ternyata juga berkaitan dengan kekurangan vitamin A. Tepatnya kekurangan vitamin A dan asam lemak esensial. Solusinya adalah mengkonsumsi sayuran dan buah berwarna hijau, orange atau kuning.

4. Ketombe dan Kulit Bersisik

 

  • Bukan hanya masalah mata, kekurangan vitamin A juga dapat menyebabkan timbulnya ketombe yang menyebalkan dan kulit bersisik. Disamping penting untuk mata, vitamin A juga berfungsi melawan infeksi dan menjaga kulit tetap sehat. Ketombe juga disebabkan kekurangan vitamin C, B6, zink dan asam lemak esensial. Selama ini ketombe identik dengan kulit kepala berminyak dan kotoran, tapi tidak ada salahnya mempertimbangkan kemungkinan kekurangan vitamin dan mineral tersebut di atas.

5. Ujung Mulut Pecah-pecah

  • Hal ini dapat dikarenakan kekurangan vitamin B12, B6, zat besi, dan asam folat. Konsumsi daging, sayuran hijau dan kacang-kacangan untuk mengatasinya. Khusus untuk kekurangan vitamin B12, biasanya terjadi pada mereka yang banyak mengkonsumsi kopi, pengguna obat sakit lambung dan pengguna obat penenang.

6. Bibir Pecah-pecah

  • Penyebab bibir pecah-pecah biasanya adalah karena tubuh mengalami panas dalam. Panas dalam bisa disebabkan kekurangan vitamin B2. Daging dan produk susu merupakan makanan yang mengandung vitamin B2

7. Kuku Mudah Patah

  • Kemungkinan penyebabnya adalah kekurangan zinc, zat besi dan asam lemak esensial. Memang, kuku mudah patah umumnya disebabkan kuku kering. Namun jika terjadi terus meneru, perlu juga diwaspadai. Bisa jadi ini mengndikasikan penyakit tiroid.

8. Kecemasan

  • Magnesium juga diperlukan untuk transmisi impuls saraf, kontraksi otot dan pengaturan suhu tubuh. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan kita mengalami gangguan kecemasan dan mudah marah. Anda dapat memperoleh mineral ini dari kacang kedelai, kacang almond, tiram, gandum utuh, tahu, kulit padi, polong-polongan, dan sayuran hijau berdaun.

9. Jerawat

  • Selain karena kotoran yang menyumbat pori-pori kulit wajah, jerawat juga dapat timbul karena kekurangan vitamin B kompleks, vitamin E dan asam lemak esensial. Konsumsilah produk hewani, unggas, sereal, dan makanan laut.
Previous article5 Jenis Makanan PEMICU STROKE
Next articleBahan Baku Shabu² Psikotropika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here